animasi

CURSOR

Sabtu, 26 Januari 2019

INTERNET DAN NEW MEDIA

PENULISAN
PENGANTAR TEK.INTERNET DAN NEW MEDIA


DOSEN :
MOCHAMMAD WISUDA SARJONO

OLEH :
MUHAMMAD ZAENAL FIKRI AJI (53417818)


FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019


 Internet dan New Media



Apa Itu Internet?

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP). TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket (dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara/prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

Pengguna Internet

Dari tahun ketahun pengguna internet selalu meningkat. Yang dulunya internet itu merupakan sesuatu yang baru, sekarang internet sudah menjadi sesuatu yang biasa saja bagi manusia millennial zaman sekarang. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pasti sudah fasih menggunakan internet.

Bahkan sekarang sudah banyak toko-toko yang menyediakan fasilitas internet atau wifi di setiap sudut tempat tersebut sehingga kita lebih mudah menjelajah internet dimana saja.

Definisi New Media


Definisi new media secara eksklusif merujuk pada teknologi komputer yang menekankan bentuk dan konteks budaya yang mana teknologi digunakan, seperti dalam seni, film, perdagangan, sains dan diatas itu semua internet. Sementara Digital media merupakan kecenderungan kepada kebebasan teknologi itu sendiri sebagai karakteristik sebuah medium, atau merefleksikan teknologi digital (Dewdney and Ride. 2006 : 8 & 20).


Pandangan New Media

New media merupakan media yang dapat meningkatkan interaksi sosial antar manusia contohnya melalui beberapa jejaring sosial namun tetap sesuai kaidah dan norma kesopan santunan Media baru yang saat ini sedang populer adalah handphone atau smartphone.

Zaman sekarang, bagi sebagian besar masyarakat handphone adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bahkan sangat diperlukan. karena semakin berkembangnya teknologi handphone tidak hanya digunakan untuk media komunikasi saja seperti sms atau telpon saja. Sekarang banyak handphone yang menyediakan fitur-fitur untuk browsing,chatting dan lain-lain. New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Komponen New Media

1. Smartphone
Smartphone dapat dijadikan sebagai New Media karena dengan smartphone kita dapat mengakses beberapa situs jejaring sosial diantaranya facebook, twitter, email, plurk, foursquare, path, dan lain sebagainya. Dengan smartphone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai kenyataan. Misalnya di Twitter kita bisa mendapatkan informasi tentang keajadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru.

2. Internet
Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar.

3. Komputer
Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena komputer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan. Ketiga komponen diatas saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

Manfaat New Media

1. Globalisasi dan media baru
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Ini telah memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan lainnya user-generated media.

2. Sebagai alat untuk perubahan sosial
New Media komponen yang mengutip aktivis sebagai alat untuk perubahan yang belum dibahas secara luas seperti itu oleh akademisi. New Media juga menemukan digunakan dengan gerakan sosial yang kurang radikal seperti Kampanye Pelukan Gratis. Menggunakan website, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas dari gerakan itu sendiri.

3. Keamanan nasional
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara.

4. Interaktivitas dan media baru
Interaktivitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru menggunakan opsi berkembang dari penyebaran cepat dari jalur akses Internet, digitalisasi media, dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice didefinisikan sebagai media baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktivitas dan interaktifitas antara pengguna dan informasi. New Media perubahan terus menerus karena selalu diubah dan didefinisikan ulang oleh interaksi antara pengguna, teknologi baru, perubahan budaya, dll

Hubungan Internet dan New Media

Internet dan New Media merupakan suatu kesautuan yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa internet, New Media tidak akan bergerak begitu pula sebaliknya. Dengan adanya hubungan antara Internet dan New Media, kita dapat dengan mudah mendapatkan sesuatu informasi secara up to date. Oleh sebab itu kenapa Internet dan New Media dapat berkembang dengan pesat karena kita dapat mencari sesuatu/informasi secara up to date. Tidak seperti dulu, untuk mendapatkan suatu informasi/berita kita harus mendengarkan saja dari radio/televise. Dan juga Internet dan New Media sekarang sudah sangat mudah digunakan oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa, bahkan orang tua.
Dampak Buruk
1. Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
2. Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
3. Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.

Beberapa Contoh Aplikasi Di Dalam Internet Yang Mengembangkan New Media

1. Search Engine
Memudahkan dalam mencari informasi yang terdapat di internet, contohnya Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
2. Video Sharing
Youtube website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
3. Social Media
Twitter, Facebook, Instagram dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.

Kesimpulan

Internet dan New Media merupakan suatu wadah baru bagi suatu informasi/media yang digunakan untuk mempercepat sampainya suatu informasi. Internet dan New Media merupakan sesuatu yang saling terikat antara satu sama lainnya. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh apabila kita dapat menggunakannya dengan bijak. Akan tetapi, akan menjadi pedang bagi kita sendiri apabila kita tidak dapat menggunakannya dengan bijak. Jadi gunakanlah Internet dan New Media dengan bijak.



Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar